Six reasons to get a business loan | Marketing Donut

Tips Memilih Pinjaman Online

Tips Memilih Pinjaman Online – Pinjaman atau pinjaman online sangat dibutuhkan oleh masyarakat karena memiliki mekanisme yang mudah dan proses persetujuan yang singkat dan cepat.
Sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum terlalu paham tentang dunia pinjaman online. Banyak orang menggunakan aplikasi pinjaman online tanpa memiliki pemahaman yang bagus.

Jadi, pinjaman online selalu membawa stigma negatif, selalu dicap berbahaya dan harus dihindari. Tak sedikit dari mereka tersandung berbagai kasus akibat pinjaman online.

Six reasons to get a business loan | Marketing Donut

Tips Aman Pilih Pinjaman Online Terpercaya

Dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat dan menurunnya tingkat ekonomi, pinjaman online semakin banyak dicari. Demi keamanan masyarakat sebagai nasabah, Anda perlu tahu betul cara memilih pinjaman online yang berizin resmi dari OJK.

Mengapa? Karena dengan memilih perusahaan pinjaman online yang terdaftar di OJK, keamanannya terjamin. Tidak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan masyarakat akan pinjaman online telah menyebabkan banyak perusahaan pinjaman online menjadi ilegal.

Yang ilegal di sini adalah perusahaan pinjaman online belum mendapat izin dan pengawasan dari OJK hingga sering menjebak dan merugikan masyarakat.

Berikut adalah 5 Tips memilih pinjaman online agar sobat akunsultan.com tetap aman dan mampu membayar cicilannya.

Pertimbangkan kemampuan membayar

Para perencana keuangan telah menyarankan, bahwa batas aman untuk pembayaran utang adalah 30 persen dari total pendapatan atau gaji Anda. Nasihat tentang jumlah pembayaran utang ini juga berlaku jika Anda akan mengambil pinjaman online.

Total pendapatan yang dimaksud adalah pendapatan rutin yang Anda pegang setiap bulannya. Jika cicilan pinjaman online lebih besar dari 30 persen dari total pendapatan, disarankan untuk tidak mengajukan pinjaman online ya sob.

Bukan Untuk Hal Konsumtif / Makanan

Selanjutnya, pikirkan kembali tujuan Anda melakukan pinjaman online. Entah karena kebutuhan yang tepat atau hanya sekedar ingin memenuhi nafsu konsumtif saja. Jika Anda bekerja untuk hal-hal produktif yang dapat memberi Anda keuntungan lebih besar, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk mengambil pinjaman.

Cek Legalitas Pinjol di OJK

Hal utama yang perlu Anda ketahui sebelum mengajukan pinjaman adalah legalitas perusahaan hosting. Pilih perusahaan Pinjol yang terdaftar dan memiliki izin dari OJK.

Jika perusahaan tersebut terdaftar dan telah memiliki izin dari OJK, berarti induk perusahaan tersebut tunduk dan beroperasi sesuai dengan aturan yang berlaku. Jika berada di bawah naungan OJK, masyarakat akan terlindungi dari penipuan dan jebakan bunga pinjaman online yang tidak manusiawi.

Penutup

Nah itu tadi tips yang bisa kami sampaikan, perlu diperhatikan bahwa kita harus tetap hati hati dalam memilih produk pinjaman online.

 

Tags: ,